Selasa, 22 April 2014

Mengenal Lebih Jauh Khasiat Pare

Pare terkenal ampuh menurunkan kadar gula darah, panas dalam, sariawan, demam, disentri, eksim basah, batuk rejan, dan wasir. Ia biasa tersaji sebagai sayur penambah nafsu makan di Jawa Barat. Ternyata khasiat Mormodica charantia itu tak cuma sohor di tanahair.

Di Filipina, kerabat terung itu digunakan untuk mengobati penderita diabetes. Buah mudanya sering digunakan untuk mengobati luka di Turki. Sedangkan masyarakat India mengenalnya sebagai antimalaria, peluruh batu ginjal, psoriasis, rematik, dan skabies.

Uji klinis terhadap 100 pasien penderita diabetes tipe II yang dilakukan Departemen Patologi, Sher-e-Bangla Medical College, Bangladesh, membuktikan pare mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan pada 86 di antaranya. Bagaimana mekanisme pare mengatasi diabetes? Kandungan steroid saponin yang dikenal sebagai karantin, peptida menyerupai insulin, dan alkaloid memegang peranan penting. Senyawa aktif itu diduga meningkatkan pembentukan sel-sel beta atau memulihkan sel-sel beta yang rusak sebagian. Ia juga diduga menstimulasi sekresi insulin pankreas. Tak hanya itu, pare juga menstimulasi penyimpanan glikogen oleh lever, dan memperbaiki pengambilan glukosa periferal. https://www.facebook.com/trubusmajalah/info


1 komentar: