Minggu, 11 Juli 2010

N. ampullaria



Ciri khas
Daun di dekat pangkal lebar dan semakin mengecil ke ujungnya. Daun dan pucuk bulat berbulu cokelat muda. Batang menjalar tidak mempunyai kantong. Kantong bawah berbentuk ampul, seperti labu. Tutup kantong posisinya berlawanan arah, sehingga air hujan mudah masuk ke dalam kantong. Posisi tutup kantong bawah itu tidak ditemukan pada spesies lonceng gunung lain.

Budidaya
Mudah disetek, cangkok, atau layering. Bisa dipotkan di dataran rendah dan tinggi. Harus dipangkas agar kantong roset terus muncul. Media di pot berupa kompos, tetapi ia lebih menyukai media yang selalu lembap.

Deskripsi kantong
Spesies ini kebanyakan hanya memiliki kantong bawah saja. Yang unik, jarang ditemukan serangga mati di dalam kantongnya, sehingga ia ibarat vegetarian di kalangan carnivorous plant. Penyebabnya, ia tidak memiliki kelenjar sekresi nektar untuk mengundang kedatangan mangsa.Warna kantong antarsubspesies ampullaria sangat beragam, mulai polos putih, hijau, kuning, merah, hingga merah-burgundi tua. Ada juga yang memiliki bercak cokelat, merah, hijau, dan ungu. Warna bibir kantong —peristom —juga bervariasi, kuning, hijau, hingga merah. Tinggi kantong tanaman dewasa berkisar antara 5 —10 cm, tetapi ada juga yang mencapai 15 cm. Bentuk kantong bundar dengan bibir luas dan melengkung.



1 komentar: