Minggu, 11 Juli 2010

N. gracilis


Ciri khas
Selalu tumbuh merambat, walaupun variasinya banyak sekali. Bentuknya sulit dibedakan dengan N. reinwardtiana, tetapi N. gracillis tidak mempunyai spot mata di sebelah dalam bagian atas kantong. Waktu berbunga berlainan dengan spesies lain di Pulau Kalimantan.

Budidaya
Ini spesies yang sangat adaptif dan tersebar luas di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Ia mudah dipelihara dengan perlakuan nepenthes untuk dataran rendah. Saat tanaman sudah besar, pindahkan ke pot lebih besar dan ia akan merambat sambil menghasilkan kantong yang banyak.

Deskripsi kantong
Warna kantong bervariasi, hijau, merah, atau cokelat kemerahan. Bentuknya silinder di bagian atas dan bulat telur di bagian bawah. Peristome berwarna hijau. Penutup kantong berwarna senada dengan kantong, kadang disertai bintik-bintik berwarna merah di luarnya. Bagian dalam permukaan kantong berwarna putih, sering disertai bintik berwarna ungu atau cokelat. Tinggi kantong mencapai 15 cm. Dibanding nepenthes lain kurang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Spesies ini mudah dikenali.

Info
N. gracillis sepintas lalu memiliki ciri yang hampir sama dengan N. reinwardtiana. Perbedaannya, pada warna kantong, gracilis hijau suram dan reinwardtiana hijau terang. Pada kantong N. reinwardtiana terdapat 2 spot (mata) di bagian dalam sebelah atas kantong sedangkan N. gracilis tidak memiliki spot. Kehadiran N. gracilis bisa menjadi indikator alami untuk tanah kritis. Daerah penyebarannya sangat luas. Hibrida alaminya antara lain N. gracillis x N. ampullaria. Persilangan alami spesies ini jarang ditemui di alam lantaran waktu berbunganya yang relatif berbeda dibanding jenis lain kecuali ampullaria.Bentuk kantongnya agak mirip dengan N. albomarginata. Yang jadi pembeda ialah tidak ada garis putih keabuan di bawah peristome pada N. gracillis. Batang spesies ini juga berbentuk segitiga. N. gracilis dikenal luas di Sumatera Barat, masyarakat memakai batangnya untuk bahan pengikat, sedangkan air dari kantong yang masih tertutup digunakan untuk obat pencuci mata.

1 komentar:

  1. sertakan juga, harus sinar matahari langsung atau tdk om,, hehee

    BalasHapus