Minggu, 11 Juli 2010

N. raffesiana


Posisi bagian depan peristome pada kantong bawah letaknya agak tinggi. Nyata sekali lebarnya di bagian atas, di bawah penutup kantong.

Ciri khas
Kantong bawah mempunyai peristome yang lebar dengan gigi pendek dan jelas.Peristome itu pada bagian depannya agar menanjak dan melebar di bagian atas.

Budidaya
Raffesiana sangat cocok untuk pemula lantaran perawatannya mudah. Ia hanya membutuhkan siang yang panas, malam yang hangat dengan suhu 25 —40 oC, dan kelembapan sekitar 70%. Tempat yang terbaik baginya adalah ruang terbuka dengan naungan 50%.

Deskripsi kantong
Warna kantong bawah cokelat atau hijau. Ada pula kantong putih dengan bintik-bintik merah dan cokelat. Kantong atas umumnya putih atau kuning dengan bercak merah. Ia lebih elastis dan berbentuk mirip corong panjang. Raffesiana nepenthes berkantong terbesar di Kalimantan, tapi ada juga yang hanya berukuran 5 cm. Tinggi kantong kurang dari 20 cm. Kantong bawah tinggi 8,5 cm—25, lebar 5,5—9 cm dengan 2 sayap selebar 1—3 cm. Kantong atas berbentuk subsilindris, panjang 9—34 cm, lebar 3—8 cm.

Info
Ia memiliki beberapa varietas. Yang terkenal antara lain squat red. Squat berarti
gemuk pendek. Red menunjukan warna merah gelap hingga merah darah. Varietas lain, N. elongata berwarna putih berbintik merah.

Bentuk kantong lonjong. Sekujur batang ditumbuhi rambut putih halus mengesankan perempuan tua beruban. Tinggi kantong mencapai 30 cm membuatnya dikatakan raksasa. Kesamaan lain, kantong mereka berwarna ungu.

Walaupun jarang ditemukan di daratan Sumatera, namun raffesiana bisa dijumpai di pulau-pulau sepanjang Kepulauan Riau dan Singapura. Di Kalimantan sudah ditemukan 4 variasi raffesiana, 2 di antaranya belum dideskripsikan. Salah satu yang terkenal adalah N. raffesiana var elongata atau sering disebut N.sp.”elegance”. Persilangan alami di alam, N. raffesiana x N. ampullaria, N. raffesiana x N. bicalcarata, N. raffesiana x N. gracilis, dan N. raffesiana x N. mirabilis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar